Deklarasi Hak-Hak Asasi Manusia Sedunia

Deklarasi Hak-Hak Asasi Manusia Sedunia, atau dikenal juga dengan judul Deklarasi Universal Hak-Hak Asasi Manusia diresmikan pada tanggal 10 desember 1948, setelah Perang Dunia Kedua.

Sedikit catatan singkat mengenai PDII: Perang Dunia II berlangsung dari tahun 1939 sampai 1945 yang  dimulai ketika Jerman menyerang Polandia pada tahun 1939 dan secara bertahap berakhir ketika tentara negara-negara sekutu melancarkan serangan untuk merebut Perancis dari Jerman pada 6 Juni 1944 (terkenal dengan nama D-Day), lalu menduduki Jerman pada bulan Mei 1945. Perang usai di Eropa, namun masih membara di Asia, yang kemudian berakhir pada bulan Agustus 1945 setelah Jepang menyerah karena dua kotanya, yaitu Hiroshima dan Nagasaki dijatuhi bom atom. Perang Dunia II memakan puluhan juta korban jiwa, sebagian besarnya adalah masyarakat sipil, baik yang terpapar langsung adu peluru dan bom semasa perang, namun juga jutaan tahanan di kamp-kamp konsentrasi yang merasakan kekejaman manusia pada periode tersebut. Mereka yang bertahan hidup juga mengalami penderitaan mendalam dari masa-masa ketakutan, kelaparan dan masa dimana hak-hak dasar merupakan suatu kemewahan yang sangat sulit diraih. Perlu dicatat bahwa korban perang terdiri dari pihak sekutu maupun poros (yang terdiri dari Jerman, Itali dan Jepang). Sebagai contoh, jutaan warga Jerman sendiri juga ikut menjadi korban dan beberapa terpaksa mengungsi untuk mencari perlindungan, belum lagi tak terhitung banyaknya masyarakat biasa di Jepang yang jadi korban bom atom, pada saat itu, maupun efek jangka panjangnya.

Memasuki masa perdamaian, setelah terbentuknya Perserikatan Bangsa-Bangsa pada 24 Oktober 1945 (Indonesia bergabung pada 28 September 1950, mundur dari PBB pada 20 Januari 1965, lalu kembali bergabung 28 September 1966), para wakil negara dari berbagai belahan dunia duduk bersama dan sepakat untuk tidak membiarkan tragedi seperti perang dunia terjadi lagi. Cukup sudah pengalaman penderitaan manusia akibat perang yang pada akhirnya menjurus pada terbengkalainya hak dasar manusia. Atas dasar komitmen ini, maka tersusunlah Deklarasi Hak-Hak Asasi Manusia Sedunia.

Isi Deklarasi

Deklarasi Hak Asasi Manusia merupakan dokumen penting yang terdiri dari 30 pasal, yang mencerminkan nilai-nilai kebanyakan negara di dunia.

Berikut adalah penafsiran saya terhadap tiap pasalnya – harap dicatat bahwa 30 catatan pasal di bawah ini tidak sama kata per kata dengan dokumen deklarasi aslinya, dokumen resmi dan lengkap deklarasi ini dapat diunduh dari berbagai halaman web (lihat Referensi-di bagian bawah posting ini).

PASAL

1

Setiap orang dilahirkan merdeka dan harus diperlakukan selayaknya manusia merdeka. Mereka memiliki akal pikiran dan hati nurani dan hendaknya saling memperlakukan satu sama lain dengan rasa persaudaraan.

2

Setiap orang berhak atas segala hak yang ada dalam deklarasi ini, tidak peduli adanya perbedaan:
- jenis kelamin
- warna kulit
- bahasa yang dipakai
- pandangan atau pendapat politik
- kepercayaan atau agama
- kaya ataupun miskin
- kebangsaan dan asal negara
- ataupun batas atau kedaulatan negara tempat seseorang berasal
Tidak peduli apakah negara tempat seseorang berasal sudah dinyatakan merdeka atau tidak, ia tetap memiliki hak.

3

Setiap orang berhak untuk hidup bebas dan aman.

4

Tidak ada seorang pun yang boleh diperbudak atau dijadikan korban perdagangan manusia.

5

Tidak ada seorang pun yang boleh disiksa atau dihukum secara keji, tidak manusiawi dan direndahkan martabatnya sebagai manusia.

6

Setiap orang berhak mendapatkan perlindungan hukum tanpa dibeda-bedakan, dimanapun ia berada.

7

Setiap orang berhak untuk diperlakukan tanpa diskriminasi di hadapan hukum.

8

Setiap orang berhak atas bantuan hukum apabila hak-hak kewarganegaraannya tidak terpenuhi.

9

Tidak ada seorang pun yang boleh ditangkap, ditahan, atau dibuang dengan semena-mena tanpa alasan jelas.

10

Setiap orang berhak atas sistem peradilan yang terbuka dan tidak berpihak.

11

Tidak ada seorang pun yang boleh dinyatakan bersalah sampai terdapat bukti-bukti jelas bahwa ia bersalah. Apabila seseorang dituduh melakukan suatu kejahatan, orang tersebut tetap memiliki hak untuk membela diri. Tidak ada seorangpun yang diperbolehkan untuk menghukum orang lain tanpa pengadilan terbuka.

12

Setiap orang berhak atas perlindungan dari pengerusakan nama baik, ataupun perlindungan atas urusan pribadinya, baik itu privasi atas surat-menyurat maupun privasi di dalam rumah. Setiap orang berhak atas perlindungan terhadap gangguan-gangguan tersebut.

13

Setiap orang berhak untuk berkunjung ke daerah-daerah lain di dalam negaranya, ataupun keluar masuk negaranya sendiri.

14

Apabila seseorang terpapar ancaman keselamatan nyawa, ia berhak untuk meminta perlindungan Negara lain. Orang tersebut bisa kehilangan hak ini apabila ia ternyata telah melakukan aksi kejahatan yang mencederai atau menghilangkan nyawa orang lain, ataupun ia tidak menghormati hak-hak dalam deklarasi ini.

15

Setiap orang berhak atas suatu kewarganegaraan ataupun mengganti kewarganegaraannya, dan tidak ada pihak manapun yang boleh mencegah tanpa alasan jelas.

16

Ketika seseorang telah mencapai usia dewasa atau sah di mata hukum, ia berhak untuk menikah dan berkeluarga tanpa halangan yang berkaitan dengan warna kulit seseorang, asal Negara ataupun agama. Laki-laki dan perempuan memiliki hak-hak yang sama dalam pernikahan maupun ketika mereka berpisah atau bercerai. Pernikahan tidak boleh dipaksakan dan merupakan suatu ikatan yang disetujui oleh kedua pihak yang menikah tanpa paksaan. Negara wajib melindungi tiap keluarga.

17

Setiap orang berhak untuk memiliki harta benda dan tidak ada seorang pun yang berhak untuk mengambil harta milik orang lain dengan semena-mena.

18

Setiap orang memiliki kebebasan berpikir, berhati nurani dan menjalankan agama yang ia percayai, ia juga berhak beralih agama dan mempraktikkan ajaran agamanya.

19

Setiap orang bebas berkespresi dan mengutarakan pendapatnya, dan tidak ada seorang pun yang berhak mengambil hak orang lain untuk berbicara.

20

Setiap orang berhak untuk berkumpul dan berasosiasi tanpa rasa takut, ataupun ikut dalam pertemuan sesuai keinginannya. Tidak ada seorang pun yang berhak memaksakan orang lain untuk bergabung ke dalam suatu kelompok tertentu.

21

Setiap orang berhak untuk ikut terlibat dalam urusan Negara, entah itu menjadi bagian dari pemerintahan atau memilih wakil yang akan duduk dalam pemerintahan yang dapat memenuhi aspirasi masyarakat. Pemilihan jabatan pemerintahan harus terbuka dan dapat diakses publik. Setiap orang berhak untuk memilih, dan dilindungi kerahasiaannya dalam memilih. Suara tiap orang adalah setara. Selain itu, setiap orang juga berhak mendapatkan pelayanan Negara.

22

Setiap orang, perempuan dan laki-laki, berhak atas jaminan sosial dan terpenuhinya hak-hak ekonomi, sosial dan budaya.

23

Setiap orang berhak atas pekerjaan, berhak memilih pekerjaan, serta menerima upah untuk kelangsungan hidup keluarganya. Apabila perempuan dan laki-laki melakukan pekerjaan yang sama, mereka harus mendapatkan upah yang setara, adil dan bermartabat. Tiap pekerja berhak untuk berkumpul dan berasosiasi untuk membela hak-hak dan kepentingan pekerja.

24

Setiap hari kerja tidak boleh terlalu lama, tiap orang memiliki hak untuk beristirahat dan mendapatkan hari libur dengan tetap diupah.

25

Setiap orang berhak atas kehidupan yang layak, kesejahteraan bagi keluarganya, berhak atas kebebasan dari rasa lapar, memiliki pakaian dan hunian, serta mendapatkan pelayanan sosial apabila ia sakit, memasuki usia lanjut, janda/duda, atau bila seseorang kehilangan kerja karena factor-faktor di luar kendalinya. Ibu dan anak-anak berhak atas pelayanan khusus. Setiap anak memiliki hak-hak yang sama atas perlindungan, tidak peduli apakah ia dilahirkan di dalam atau di luar pernikahan.

26

Setiap anak berhak untuk mendapatkan pendidikan. Pendidikan dasar harusnya bebas biaya. Tiap anak berhak untuk melanjutkan pendidikannya setinggi yang ia inginkan tanpa diskrimiasi karena suku, agama atau asal Negara. Tiap orang tua memiliki hak untuk memilih pendidikan anak mereka.

27

Setiap orang berhak untuk berbagi dan menikmati kebudayaan, seni dan ilmu pengetahuan, serta hasil karya cipta mereka. Hasil kerja mereka dilindungi hak cipta dan mereka berhak mendapatkan keuntungan atas karya mereka.

28

Setiap orang berhak atas tatanan sosial yang mampu melindungi hak-hak mereka. Tatanan sosial ini bisa bersifat lokal maupun global.

29

Setiap orang memiliki kewajiban terhadap masyarakat tempat ia tinggal dan berkembang. Hukum setempat harus menjamin terlaksananya pemenuhan hak-hak, mengakomodir terhormatinya hak-hak tiap orang.

30

Di seluruh bagian dunia, tidak ada suatu Negara, masyarakat ataupun perorangan yang dapat mencabut hak-hak asasi orang lain ataupun merasa memiliki hak seperti yang tertulis dalam deklarasi ini, yang kemudian digunakan untuk merugikan hak orang lain.

Referensi 

Deklarasi Hak-Hak Asasi Manusia Sedunia: Sebuah Adaptasi untuk Kanak-Kanak, Ruth Rocha & Otavio Roth, Penerbit Yayasan Obor Indonesia, 1995.

The Universal Declaration of Human Rights dapat diakses di halaman web http://www.un.org/en/documents/udhr/index.shtml

Deklarasi Universal Hak-Hak Asasi Manusia (versi bahasa Indonesia) dapat diakses di halaman web http://www.komnasperempuan.or.id/wp-content/uploads/2009/07/Deklarasi-Universal-HAM.pdf

Beberapa dokumen mengenai Indonesia dan PBB dapat dilihat di halaman web ini: http://www.indonesiamission-ny.org/pages/HOME

Tentang PD II:

http://www.kumpulansejarah.com/2013/01/sejarah-terjadinya-perang-dunia-i-dan-ii.html (halaman web ini tidak secara rinci memasukkan acuan daftar pustaka)

http://id.wikipedia.org/wiki/Perang_Dunia_II (tentu saja, halaman internet yang paling banyak saya baca berasal dari Wikipedia. Namun harap diwaspadai bahwa tidak semua yang tertulis di Wikipedia benar adanya karena halaman ini dapat diedit oleh publik)

http://temperer.wordpress.com/2010/06/20/sejarah-perang-dunia-ii-versi-lengkap-bagian-i/ (dari blogger wordpress, juga tidak ada acuan daftar pustaka, namun informasi yang ditampilkan di blog ini sangat mudah dibaca)

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: